Cara Menghilangkan Ketombe pada Anak dengan Aman

Masalah rambut tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi anak-anak juga bisa mengalaminya. Salah satu penyebabnya adalah karena pemilihan produk perawatan rambut yang kurang tepat. Untuk mengatasinya, kita harus memastikan bahan yang digunakan tidak berbahaya. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan aman.

  1. Perhatikan Intensitas Mandi Anak

Ketombe yang terjadi pada bayi atau anak bisa disebabkan karena terlalu sering mandi dan penggunaan produk shampo yang salah. Untuk itu, perhatikan terlebih dahulu bagaimana intensitas mandi anak dan produk yang digunakan. Pastikan jika anak mandi maksimal 2 kali sehari saja dan gunakan produk shampo yang aman.

  1. Pijat Kulit Kepala saat Keramas

Munculnya ketombe pada bayi sebenarnya adalah hal yang wajar karena sebagai bentuk regenerasi kulit baru. Namun, dalam kondisi tertentu ketombe terjadi lebih parah sehingga Anda harus segera mengatasinya. Salah satu caranya adalah melakukan pemijatan pada kulit kepala buah hati ketika mandi atau keramas.

  1. Gunakan Shampo Anti-Ketombe Khusus Bayi

Dalam kondisi tertentu, dokter akan menyarankan penggunaan shampo anti-ketombe sebagai cara menghilangkan ketombe. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan jika Anda telah berkonsultasi pada dokter dan memastikan bahwa bahan-bahan yang terkandung aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan bayi.

  1. Lemon dan Yoghurt

Kandungan asam hidroksil pada perasan lemon dapat menghilangkan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Selain itu, bahan ini juga mampu meringankan gatal pada kulit kepala. Caranya, campurkan perasan lemon 2 sdm dengan yoghurt tawar 1/4 cangkir. Gosokkan bahan tersebut pada kulit kepala, diamkan, lalu bilas dan keramas.

  1. Gunakan Tea Tree Oil

Berdasarkan suatu penelitian diketahui bahwa shampo dengan kandungan tea tree oil 5% dapat mengatasi ketombe secara efektif. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan ekstrak minyak ke kulit kepala bayi yang masih sensitif. Pastikan jika produk yang Anda pilih sudah terdaftar BPOM dan memang diperuntukan bagi bayi.

  1. Gunakan Baby Oil

Baby oil bisa disebut sebagai minyak dengan segala manfaat, salah satunya adalah mengurangi ketombe pada balita atau bayi. Teteskan baby oil sedikit saja pada kulit kepala bayi, lalu diamkan selama beberapa menit kemudian baru Anda bisa mengeramasinya atau mengikat rambut si kecil sehingga ketombe akan berkurang.

  1. Gunakan Larutan Baking Soda

Jika belum berhasil juga, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan larutan baking soda karena bahan ini cukup ampuh membantu kulit kepala yang mati terkelupas dengan lembut. Bahan ini juga dirasa lebih aman karena tidak menyebabkan iritasi. Anda bisa menggunakannya sambil keramas agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Cuka Sari Apel

Bahan yang satu ini bermanfaat untuk membersihkan folikel dan pori-pori rambut yang tersumbat sehingga mampu mengatasi ketombe pada si kecil. Anda bisa mencampurnya ke dalam air dengan perbandingannya adalah 1:1. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala bayi sambil melakukan pemijatan. Diamkan lalu bilas air dingin.

Itulah tadi informasi mengenai cara menghilangkan ketombe pada anak dengan aman. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara ini, kunjungi saja parenting.orami.co.id.