Inilah Penyebab dan Cara Efektif Menghilangkan Flek Hitam

Seperti apa pun warna kulit seseorang, hal pertama yang menjadi perhatian adalah kebersihan kulit itu sendiri. Kulit yang bebas jerawat dan flek hitam adalah dambaan setiap orang, tetapi untuk mewujudkannya tidak semudah sekadar bicara. Apalagi jika noda hitam atau flek di kulit wajah tidak kunjung hilang dan membuat kepercayaan diri menurun, harus ada usaha ekstra untuk mengembalikan kesehatan kulit seperti semula.

Penyebab Terjadinya Flek Hitam di Wajah

Sebelum kamu mulai membeli produk kosmetik atau melakukan treatment kecantikan, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab munculnya flek hitam di wajah. Penyebab tersebut antara lain:

  • Terlalu sering terpapar sinar matahari

Sinar uv dari matahari memang diketahui banyak menyebabkan masalah pada kulit. Mulai dari membuat kulit kusam, gelap, hingga menyebabkan munculnya flek hitam. Bahkan jika kamu terlalu sering terpapar sinar ini, ada risiko cukup tinggi untuk terkena kanker kulit dan sejenisnya. Oleh sebab itu, ada baiknya selalu memakai tabir surya ketika akan pergi ke luar. Bahkan tabir surya juga bisa digunakan untuk sehari-hari meskipun tidak keluar rumah.

  • Genetik dan perubahan hormon

Banyak mungkin yang belum tahu bahwa faktor genetik juga bisa menyebabkan seseorang mudah mendapatkan flek hitam di kulitnya. Beberapa orang memang rentang terhadap flek hitam akibat alergi dan perubahan hormon pada tubuhnya. Jika kamu termasuk seperti ini, ada baiknya untuk menjaga pola makan dan gaya hidup.

  • Kosmetik yang tidak cocok

Kosmetik yang selama ini kamu pakai tentunya tidak lepas dari bahan kimia. Oleh sebab itu sebaiknya hati-hati dalam memilih produk untuk kulit. Sebab, beberapa kosmetik mengaduk bahan-bahan yang malah memproduksi melanin lebih cepat, ada pula yang menyebabkan kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, dan akhirnya menyebabkan flek di wajah.

  • Bekas jerawat

Ketika jerawat kamu pencet secara sengaja maupun tidak, kerap kali jerawat tersebut akan meninggalkan jejak hitam di kulit. Untuk itulah mengapa sangat tidak dianjurkan memencet jerawat. Untuk mengatasi masalah jelawat dan bekasnya, cobalah memakai krim yang mengandung vitamin C, hydroquinone, atau kojic acid.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Flek Hitam

Apabila kamu sudah terlanjut memiliki flek hitam, kamu bisa melakukan perawatan secara medis, menggunakan produk tertentu, atau juga secara alami. Langkah pertama, kamu bisa pergi ke dokter di klinik kecantikan. Kamu bisa melakukan peeling, laser, atau metode medis lainnya yang efektif untuk menghilangkan flek hitam.

Namun, karena perawatan ke klinik biasanya sangat mahal, kamu bisa mencoba beberapa produk perawatan yang dijual secara umum, yang terdaftar BPOM. Atau, gunakan bahan-bahan alami seperti kentang, lemon, madu, lidah buaya, dan lainnya untuk perawatan yang lebih alami. Intinya, lakukan perawatan wajah secara rutin dan jangan lupa pakai tabir surya supaya menghindari timbulnya flek hitam lebih banyak lagi.