Penyebab Mata Kering dan Cara Mengobatinya dengan Insto Dry Eyes

Terlalu lama menatap layar ponsel, merupakan salah satu penyebab mata lelah. Jika kondisi mata yang lelah ini dibiarkan, maka cairan mata Anda akan berkurang, sehingga mata menjadi kering. Jika kekeringan terjadi di mata, Anda bisa merasa sangat tidak nyaman saat tengah memandang. Untuk mencegah kondisi mata makin kering, pahami penyebab kurangnya cairan mata berikut ini.

  1. Faktor Eksternal yang Menyebabkan Mata Anda Jadi Kering

Pola hidup atau kebiasaan sehari-hari, merupakan salah satu faktor yang berperan besar atas kondisi keringnya mata yang Anda alami. Tanpa Anda sadari, aktivitas biasa yang rutin dilakukan, seperti menonton televisi, membaca, dan bermain komputer menjadi penyebab keringnya mata. Saat Anda memfokuskan mata ketika melakukan aktivitas tersebut, cairan mata mulai berkurang.

Mata butuh untuk mengedip dan beristirahat dalam kurun waktu tertentu, untuk membuat bola mata kembali lembap dan terlumasi dengan cairan mata. Berkedip dan mengistirahatkan mata untuk beberapa saat, setidaknya setiap 20 menit sekali, akan kembali melumasi mata. Masalahnya, saat mata sedang fokus, jumlah kedipan cenderung berkurang dan mata pun jarang diistirahatkan.

Kondisi yang terjadi selanjutnya, tentu saja sudah bisa ditebak. Mata perih ataupun mata pegel setelah digunakan lama, akan Anda rasakan. Kondisi ini terjadi karena otot-otot mata dipaksa bekerja lebih keras, di luar kapasitasnya. Lama-kelamaan bila kondisi mata ini dibiarkan begitu saja, mata yang kering pun akan Anda alami. Kondisi ini biasanya disertai dengan perih pada mata.

Selain aktivitas di atas, Anda sebaiknya melindungi mata, saat beraktivitas di ruangan ber-AC atau di ruangan terbuka dengan kondisi udara kering. Kondisi udara yang kering, dapat memicu cairan mata menguap lebih cepat dibanding waktu normalnya. Akibatnya, mata pun terasa kering karena kelenjar air mata tak bisa mencukupi kebutuhan cairan yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

  1. Masalah Kesehatan yang Memicu Kondisi Mata Anda Jadi Kering

Selain faktor eksternal, keadaan dalam tubuh Anda sendiri atau penyakit yang Anda derita juga berkemungkinan memicu keringnya mata. Para penderita penyakit seperti diabetes, tiroid, lupus, dan blefaritis, berisiko besar mengalami kekeringan pada bagian mata. Jika Anda kebetulan mengidap penyakit ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter agar dapat ditemukan cara pengobatan yang tepat.

Anda yang kebetulan baru saja melakukan operasi lasik, juga berisiko mengalami kondisi mata seperti ini, Begitu pun dengan pemakaian lensa kontak, yang mana lapisannya yang terletak pada retina mata, menghambat oksigen mengalir ke mata. Padahal, oksigen sangat dibutuhkan dalam proses produksi cairan mata. Alhasil, proses produksinya terganggu dan cairan mata jadi berkurang.

Mengobati Mata yang Kering dengan Obat Tetes Insto Dry Eyes

Untuk Anda yang mengalami mata yang kering, Anda bisa menggunakan Insto Dry Eyes untuk memulihkan kondisi mata Anda. Insto Dry Eyes ini mengandung bahan Hidroxyprophylmethyl Selulose dan Benzalkonium Chloride yang berfungsi bak air mata asli. Alhasil, mata Anda yang semula kering, kondisinya bisa kembali lembap dan permukaannya pun terlumasi dengan baik.

Dengan menggunakan Insto Dry Eyes, Anda bisa mengobati kondisi mata yang kering dengan cepat. Asalkan Anda rutin memakainya 3 kali setiap harinya, kondisi mata sepet, perih, lelah dan pegel akan bisa pulih seperti sedia kala. Pandangan Anda pun tak akan terganggu lagi. Setelah pulih, usahakan untuk menghindari penyebab mata yang kering, agar kondisi yang sama tak kembali Anda alami.