Tips Marketing Online b2b Indonesia Dengan Mudah dan Ampuh

Bagi anda yang merupakan pelaku bisnis, tentu sudah tidak asing dengan online b2b Indonesia bukan? Ini merupakan salah satu bentuk pengadaan barang atau  procurement  yang tengah booming saat ini. Dimana bisnis ini sendiri  merupakan hubungan perusahaan atau bisnis dengan perusahaan yang lainnya.

Secara singkat b2b atau business to business ini sendiri secara singkat adalah kegiatan untuk melakukan suplai terhadap  perusahaan lainnya. Ini berarti sebuah perusahaan tidak akan melakukan suplai secara individu. Hubungan perusahaan tersebut bisa  berupa pembelian bahan baku, melakukan konsultasi dan lain sebagainya.

Tips menjalankan marketing dengan b2b di Indonesia

Sistem online b2b Indonesia ini memang semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ini mungkin juga diakibatkan karena bentuk dari e-procurement sudah dalam bentuk ecommerce. Sehingga banyak yang  tertarik untuk melakukan  pengadaan barang dengan cara ini. Kendati demikian, kegiatan marketing dengan b2b ini pun tidak semudah membalikkan telapak tangan begitu saja.

Untuk itulah , sebaiknya anda membaca beberapa tips marketing b2b secara online dibawah ini

  1. Cobalah untuk melakukan riset dan penargetan demografis

Salah satu kelebihan yang dihadirkan oleh marketing secara b2b ini adalah anda diberikan kebebasan untuk menentukan target pasar dibandingkan dengan jenis B2C marketing. Untuk itulah, agar proses marketing bisa berjalan dengan baik, maka anda perlu melakukan riset untuk mengetahui target pasar, apa yang dibutuhkan oleh mereka, minat mereka hingga besarnya uang.

Apabila riset tersebut sudah dilakukan maka anda bisa membuat keputusan yang lebih mendasar sebagai seorang pemilik bisnis, bukan hanya menjalin hubungan yang baik, tetapi juga bisa memberikan dasar yang objektif untuk mengukur hasil pemasaran.

  1. Website yang efektif

Perlu anda ingat apabila website dari b2b ini sendiri merupakan ibarat katalog online yang akan memberikan pengaruh keputusan pelanggan ketika akan melakukan transaksi. Untuk itulah, sebagai strategi marketing, anda sebaiknya juga harus bisa membuat website yang efektif baik itu untuk kenyamanan klien maupun untuk melakukan test.

Adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan  ketika membuat website ini seperti menggunakan tools yang bisa melacak feedback pengunjung, review tools, tool analytic dan lain sebagainya.

  1. Email marketing

Email marketing ini sendiri bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat bukan? Cara ini sendiri bisa anda terapkan untuk melakukan kegiatan marketing  online b2b Indonesia. dengan email inilah, maka perusahaan bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan mereka yang secara sukarela mendaftarkan  email pada website perusahaan .

  1. Content marketing

Untuk meningkatkan bisnis b2b marketing anda bisa juga membuat konten marketing untuk jangka pendek maupun panjang. Anda juga bisa mendukung konten marketing tersebut dengan membuat blog.

Demikian beberapa strategi yang bisa digunakan  untuk marketing online b2b Indonesia. apakah anda tengah mencari e-procurement yang terpercaya untuk pengadaan barang? mbizmarket.co.id  bisa menjadi pilihan terbaik.